Jelang Tahun Ke-6

Saya percaya, semua orang memiliki sudut pandangnya sendiri tentang bulan Ramadhan. Tapi bagi saya, Ramadhan adalah sebuah momen refleksi. Berkaca kembali tentang kekurangan saya, merangkum kembali kebiasaan baik yang telah dijalani dan mempertahankannya, juga merencanakan goals saya ke depannya. Ditambah lagi dengan momen Idul Fitri, yang menjadi satu-satunya momen yang bisa saya manfaatkan untuk benar-benar berlibur. Biasanya kepala saya tak lepas dari Matroishka – hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu 😀

Butuh keberanian yang tak sedikit untuk akhirnya mengakui, bahwa di momen libur Idul Fitri yang biasanya cukup panjang ini, ternyata saya memang harus ‘masuk goa’. Hibernasi, kalau kata beruang kutub. Berdiam diri dan melihat dunia dari sudut pandang lainnya. Sesederhana karena apa yang saya lakukan sungguh membutuhkan inspirasi. Model figure yang perlu saya ciptakan di dalam kepala untuk menjaga agar Matroishka tetap pada garis jalannya. Yang memberi cerita, pencerahan, dan juga makna bagi siapapun yang memakainya.

Perayaan Mothers in Bloom – Anniversary Matroishka ke-4 tahun lalu. Di foto ini, saya bersama Andra Alodita dan Putri Dwiandari.

Di mata saya, Matroishka Moms adalah wanita yang percaya diri. Memiliki kecantikan yang humble; inside and out, serta mengerti apa yang terbaik untuk dirinya dan keluarganya. Mereka percaya bahwa di antara kekurangan mereka, ada nilai lebih yang membuat mereka stand out dengan karakternya masing-masing. And this is why I love them so much – even though I cannot see each one of them. 

Thank you so much, Sabai Dieter :*

Tahun lalu, saya memilih Spanyol sebagai tempat saya ‘bertapa’. Eksotisme daerah pesisir yang penuh guratan sejarah Barat dan Timur yang berpadu menjadi sebuah karakter yang exceptional. Sepulangnya dari sana, saya merasakan begitu banyak cinta dari-Nya. Cinta yang pada akhirnya memberikan saya keberanian untuk bangun dan berlari. Tiga tahun sebelumnya, Matroishka hanyalah sebuah brand ‘rumahan’ yang saya kerjakan sendiri dengan satu orang graphic designer dan dua orang pegawai sebagai perpanjangan tangan saya. Tetapi pada sebuah momen di pegunungan Montserrat – Barcelona, saya meyakini bahwa saya perlu kepala-kepala lain untuk memperkaya segalanya. Kepala-kepala yang jauh lebih pintar dan bright daripada saya. Kepala-kepala yang jauh lebih mengerti dan berpengalaman di bidangnya masing-masing; inilah yang membawa kami pada formasi tim baru, dengan warehouse dan workshop sederhana yang tak lagi berlokasi di dalam rumah orang tua saya. Matroishka keluar dari zona nyamannya dan mengepakkan sayapnya. Sesuatu yang saya kira takkan pernah bisa saya lakukan. Kami berlari bersama, merencanakan cita-cita bersama, dan menggapainya bersama pula. Pencapaian-pencapaian luar biasa telah kami raih tahun ini, dan saya tahu–it’s gonna be much more next year. Dengan satu syarat: saya harus kembali ‘masuk goa’ dan ‘bertapa’ untuk apapun yang akan kami hadapi bersama nantinya.

Istana Alhambra di Granada – Spanyol.
Saya di Barcelona.

Kali ini, destinasi saya adalah West Coast – pantai barat Amerika Serikat. Bukan menjadi hal yang ringan bagi saya untuk meninggalkan suami dan kedua anak saya, namun percayalah, suami saya yang akhirnya benar-benar membujuk saya untuk berangkat. Ia mengerti betul betapa saya membutuhkan ini. Untuknya, untuk anak-anak, dan Matroishka.

My first visit to LA: bersama Kakak saya, Saraswati – 1995

Sedih; karena tahu akan kangen luar biasa dengan suami dan anak-anak, senang; karena akan melihat dunia baru lain yang jauh dari keseharian, bersemangat; karena menanti hujan pemandangan yang memberi inspirasi untuk #matroishkamoms. Semua bercampur menjadi satu. Namun saya tahu, Tuhan akan memberi saya kejutan yang jauh lebih seru dari apa yang saya bayangkan saat ini.

This is for my team, my dearest team. And also for Moms who know what they want. See you next week on my next post, hopefully written in Los Angeles.

And for Adid Nugroho, I love you so much.

 

Cheers,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s