Our Typical Analog (Read: MESSY) Day

Beberapa waktu lalu, seorang teman sempat bertanya kepada saya bagaimana cara menjaga screen time agar tetap minim meski hari libur, yang notabene tidak banyak berkegiatan seperti di sekolah. Sejauh ini, Atharjahja dan Bhamaskaja melihat screen tidak lebih dari 3 hari sekali, dengan durasi maksimal 10 menit. Kebetulan waktu sekolah mereka memang panjang – pukul 06:30 pagi mereka sudah berangkat, dan baru kembali sampai di rumah pada pukul 15:00. Setelah itu mereka akan pergi ke taman bersama geng komplek, dan kembali pulang sebelum maghrib untuk kemudian makan malam bersama saya dan juga bermain hingga waktu tidur tiba. Saya tidak berusaha menegaskan bahwa saya adalah Ibu yang paling benar; I believe every mother knows best for their children. Tapi saya sendiri memiliki sedikit histori dengan Atharjahja yang cukup banyak berinteraksi dengan layar televisi ketika kecil, hingga ia memiliki kekurangan rentang fokus yang cukup signifikan sewaktu ia berusia 2-3 tahun. Inilah yang mengakibatkan saya sangat berhati-hati dan meminimkan screen time semaksimal mungkin. Dan ternyata bisa kok, Moms.

Kunci utama untuk mengurangi screen time pada anak sesungguhnya hanya satu – membiarkan mereka bosan. Ya, saat mereka merengek dan tak nyaman karena bosan, di sanalah mereka akan mencari apapun di sekitarnya yang dapat digunakan untuk bermain. It’s never gonna be so tidy, anyway. Tapi pada akhirnya mereka mampu belajar menstimulasi diri mereka sendiri dengan apapun yang ada di sekitar.

Ini adalah salah satu contoh kegiatan anak-anak saya pada hari libur. Biasanya kegiatan mereka diisi dengan permainan di luar rumah pada pagi hari, dilanjutkan dengan pergi bersama keluarga hingga sore. Kegiatan pagi biasanya berhubungan dengan sensori halus–tak melulu harus oobleck atau sengaja membuat sensory play khusus. Mencuci mobil atau mainan, menyiram tanaman, sampai bersih-bersih rumah sudah menjadi permainan yang sangat menantang dan mampu membuat mereka bertahan berjam-jam (tetap dengan pengawasan kita, tentunya!). Dalam kegiatan tersebut, kita sudah bisa memberikan permainan sensori hingga role playing, juga ilmu sains yang bisa ditunjukkan oleh keadaan sebenarnya di sekitar rumah kita.

Saat mencuci mobil, anak-anak mengamati air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah.

 

Processed with VSCO with hb1 preset
Atharjahja berpura-pura menjadi portal kompleks untuk adiknya yang berpura-pura menjadi bapak gojek.

 

Processed with VSCO with hb1 preset

Mencuci mainan bengkel setelah mencuci mobil.

 

Processed with VSCO with hb1 preset

 

Setelahnya, mereka akan mandi bersama-sama di bathtub. Dengan pagi yang cukup melelahkan, banyak buku akan membuat mereka tenang dan betah di kamar. Cukup mengeluarkan beberapa buku dan majalah favorit dari rak, mereka akan langsung membaca dan mengajak saya ikut ngobrol tentang gambar-gambar yang mereka lihat.

 

Processed with VSCO with hb1 preset

Processed with VSCO with hb1 preset

Processed with VSCO with hb1 preset

Terkadang, si Kakak ikut Ayah sholat di masjid.

 

Menjelang sore, kadang mereka tidur siang di rumah – kadang di mobil. Biasanya ada saja acara yang harus kami datangi.

 

Processed with VSCO with hb1 preset

And still, without screen – I just let them be kids.

 

They always need a space. Anytime anywhere. They will finish their meals and they will play. That is what being kids is all about.

 

Processed with VSCO with hb1 preset

Lalu kami akan mencoba berfoto bersama-sama. Dan tanpa Nanny, hasilnya sudah pasti jelek sekali!

Here’s our typical day without screen time. Kalaupun saya ingin memberi, biasanya hanya karena saya ingin dan bukan karena rutinitas atau karena tak ada lagi kegiatan. Saat ini mereka sedang menyukai PJ Masks dan Mickey and the Roadster Racers. Total 1,5 jam, terjadi di hari Sabtu saat Ayah-Ibunya berangkat kencan agar mereka tidak minta ikut (hahaha, boleh dong!).

How about you Mommies? Any more tips of activities to share? Boleh juga lho dibagi-bagi kalau punya kegiatan seru yang effortless dan juga screen-free!

 

Cheers,

Slide1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s