Holiday in a Budget – Neo+ Green Savana Hotel Sentul

Processed with VSCO with hb1 preset

Everybody loves holiday! Apalagi untuk emak-emak yang rutinitasnya cenderung itu-itu saja. Rasanya pun membosankan sekali kalau setiap weekend kerap dihabiskan dengan mengajak anak ke mal atau menemani Ibunya ngupi-ngupi cantik, yang biasanya diakhiri oleh satu-dua sesi Youtube karena mereka bosan dan ingin pulang.

Itulah yang menyebabkan saya dan suami, Adid Nugroho, selalu berusaha mencari tempat berakhir pekan yang menarik bagi kami sekeluarga, terutama anak-anak.

Akhir pekan kemarin, saya senang sekali mendapat ajakan berlibur bersama teman-teman SMA suami. Semua membawa anak, suami, dan istri masing-masing. Destinasinya adalah Sentul City, kami menginap di Neo+ Green Savana Hotel.

Kami berangkat dari rumah kami di kawasan Bintaro sekitar pukul 10:00 di hari Sabtu, yang ternyata terlalu siang karena jalanan sudah macet. Kami membutuhkan waktu 2,5 jam untuk sampai di Sentul City – untung saja anak-anak anteng saja karena tidur di car seat mereka masing-masing. Saran saya; berangkatlah lebih pagi, setidaknya pukul 9:00.

Processed with VSCO with s2 preset

Processed with VSCO with hb1 preset
Suka sekali dengan kolam renangnya!

Sampai di hotel sekitar pukul 12:30, Atharjahja dan Bhamaskaja disambut oleh kolam renang panjang bernuansa tropis yang menurut saya sungguh cantik. Luasnya memang tidak terlalu besar, namun pemandangan yang saya lihat sudah cukup membawa ‘halu’ seakan-akan kami sedang berada di Bali. Karena tergoda dengan jernihnya air, anak-anak kami renang hingga dua kali dalam sehari!

Karena acara reuni teman-teman suami saya diadakan sekitar pukul 14:00, kami memilih untuk memesan makanan room service. Kami memesan Mie Goreng Djawa dan Ayam Lengkuas, yang surprisingly enak sekali. Kedua makanan tadi dengan sukses dilahap kami berempat. Anak beres makan; Ayah Bunda tenang. Betul? Namun selain memilih makan di kamar, sebetulnya ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di sekitar hotel. Ada supermarket Giant Extra yang berjarak sekitar 5 menit dari hotel, dan di dalamnya dilengkapi dengan gerai makanan yang tidak asing (terutama bagi anak-anak) seperti Sushi Kiosk, J.Co, atau Bakso A Fung. Sungguh sebuah nilai plus karena salah satu hal yang paling merusak liburan adalah saat anak-anak sulit makan. Pada saat sarapan pun, makanan hotel sangat kids friendly. Pilihannya antara lain adalah sereal (Koko Krunch dan Honey Stars), bubur ayam, sosis, beraneka macam telur, roti, dan juga nasi uduk.

Processed with VSCO with hb1 preset

Processed with VSCO with hb1 presetKami hanya menghabiskan satu malam di hotel, dan sempat berencana untuk pergi ke air terjun di Sentul Paradise Park atau Jungleland keesokan harinya. Namun karena di pagi hari kedua anak kami langsung minta kembali renang setelah sarapan, akhirnya mereka kelelahan dan langsung terlelap seketika duduk di car seat di perjalanan pulang.

Saya akan melengkapi review ini dengan kisaran anggaran biaya yang kami keluarkan:

• Harga Hotel per Malam: Rp700,000
  • Room service Ayam Lengkuas dan Mie Goreng Djawa: Rp130,000
  • Makan siang Atharjahja dan Bhamaskaja saat perjalanan pulang (Sushi Kiosk dan J.Co): Rp50,000
  • Tol dan bensin: Sekitar Rp200,000

Total biaya yang dikeluarkan: Rp1,080,000 – mengingat refreshment dan hilangnya rasa jenuh yang kami dapatkan, jumlah ini relatif terjangkau!

Bagi yang memiliki rekomendasi liburan hemat di sekitar Jakarta, feel free untuk menulisnya di kolom komentar berikut, ya 🙂